Kehamilan dari Minggu ke Minggu (2)

Diposting oleh oti | Senin, Mei 25, 2009

10 Minggu 28-30 Pada usia ini berat si kecil belum setengahnya dari berat nanti saat dia keluar dari rahim, namun berat badannya akan berkembang secara pesat. Pada usia 30 minggu, panjangnya sudah mencapai 26,5 cm dan beratnya mencapai 1,4 kg.

Minggu 31-33. Panjang si kecil sudah mencapai 31 cm dan beratnya 2 kg. Posisi badannya sudah mulai memutar sehingga kepala berada tepat di pintu rahim (vertex), dan seharusnya posisi ini akan bertahan sampai saat kelahirannya (Pemeriksaan USG akan menunjukkan jika dia belum ’berputar’ dan Anda jangan terlau khawatir, beberapa bayi memang mengalami keterlambatan.

Minggu 34-36. Berat badannya berkembang sangat pesat sekitar 250 gram setiap minggu. Pada usia 36 minggu beratnya dari ujung kaki sampai ujung kepala sekitar 2,75 kg dan panjangnya 46 cm. Walaupun panjangnya sudah seperti bayi yang sudah mau lahir, lengan dan tungkainya masih kurus. Vernix caseosa dan lenugo (rambut halus) yang melindungi kulit bayi dari air ketuban sudah mulai menipis. Kukunya sudah mulai tumbuh sampai ke ujung jari.

Minggu 37-40. Pada minggu ke 40 si kecil sudah siap lahir. Panduan jadwal kelahiran ini hanyalah panduan. Kenyataannya, bayi kadang mendesak keluar sebelum atau malah setelah lewat dari minggu-minggu ini. Rata-rata berat badan bayi yang baru lahir adalah 2,5-5 kg dengan panjang 44-55 cm. Berat bukan? Semua organ dan sistem akan mulai berfungsi, namun paru-paru akan menjadi bagian terakhir yang berkembang sempurna.

NAH, KINI ANDA SUDAH PAHAMKAN???????????

0 komentar