Kehamilan dari Minggu ke Minggu (1)

Diposting oleh oti | Jumat, Mei 22, 2009

9 Agar anda benar-benar memahami masa kehamilan anda. Alanglah baiknya jika anda mengetahui perkembangan janin anda dari minggu ke minggu….

Minggu 1-7. Dalam minggu-minggu pertama, banyak mama tidak percaya dirinya hamil. Rasanya susah untuk percaya ada kehidupan lain di dalam tubuh. Pada minggu-minggu awal ini, besar fetus baru 1.5 cm (½ inci). Layaknya ukuran sebuah kacang polong ukuran besar. Di usia ini terbangun ’jalur’ simpel di dalam fetus yang akan berkembang sedikit demi sedikit pada jantung si jabang bayi.

Minggu 8-12. Si jabang bayi akan bertumbuh dengan cepat dan kira-kira mencapai 6.5 cm pada usia 12 minggu. Jenis kelamin jabang bayi sudah dapat terdeteksi, dan sistem saraf sudah bisa mengirim pesan ke otot agar si jabang bayi melakukan gerakan pertamanya, seperti melengkungkan ibu jari.

Minggu 17-21. Di usia 21 minggu, ukuran janin sudah mencapai 18 cm dan beratnya 300 gram. Janin juga mulai menyimpan lemak dan kelenjarnya mulai memproduksi lapisan putih licin bernama vernix caseosa, yang akan melindungi si kecil dari air ketuban. Janin juga sudah mulai dapat merespon sentuhan dan tekanan si perut.

Minggu 22—27. Keseluruhan badan janin sudah mulai proporsional dengan kepalanya. Di usia 27 minggu, panjang badannya 24 cm dengan berat 1 kg. Dia juga mulai dapat membedakan terang dan gelap, dan sudah mampu membuka tutup mata, jadi dia mulai berlatih untuk fokus. Paru-parunya siap untuk mengambil nafas pertamanya setelah keluar dari rahim.

BACA KELANJUTANNYA….

0 komentar