SULIT BERNAFAS SAAT HAMIL

Diposting oleh oti | Rabu, Mei 06, 2009

Pada masa kehamilan kerap dijumpai beberapa gangguan kesehatan yang dialami oleh ibu-ibu hamil. Biasanya, ibu-ibu hamil kurang memahami apa yang terjadi pada dirinya. Sebagai contoh ketika masa kehamilan , ibu hamil kerap mengalami kesulitan bernafah4as. Untuk itu, sebaiknya ibu hamil mengenali kesulitan bernafas seperti apa yang dikatakan normal dan tidak.

Yang normal

Kesulitan bernafas seperti ini biasa terjadi, khususnya terjadi pada bulan-bulan usia kehamilan tua, ketika janin menekan rongga dada. Untuk itu, kesulitan bernafas saat itu masih dikatakan wajar karena adanya tekanan janin pada rongga dada si ibu.

Yang tidak normal

Kesulitan bernafas yang diikuti rasa sakit yang menusuk di dada, khususnya jika diikuti rasa sakit pada salah satu tungkai. Ini bisa menjadi tanda ibu mengalami deep vein thrombosis. Jadi berhati-hatilah, bila ibu hamil menjumpai hal seperti itu, segeralah ke dokter anda.

Selain itu, nafas pendek juga bisa menjadi pertanda bahwa ibu hamil mengalami anemia akibat kekurangan hemoglobin, yakni bagian dari sel-sel darah merah yang membawa oksigen dalam darah. Untuk itu, segeralah menjumpai dan berkonsultasi pada dokter anda.

0 komentar